Recent Post

    Bahaya makan gorengan


    Siapa yang tak suka makan gorengan? hampir semua orang suka makan gorengan. gorengan merupakan makanan favorite masyarakat indonesia. tetapi sadarkah kita semua bahwa makan gorengan bisa memicu terjadinya penyakit kanker?


    Menurut eden tareke dkk dari universitas Stockholm, Swedia pada tahun 2002, makanan kaya karbohidrat seperti ubi, singkokng, nasi, pisang dll jika di goreng akan terurai. kemudian bereaksi dengan asam amino menghasilkan senyawa karsinegenik yang di sebut akrilamida. demikian juga makanan yang di panggang. tetapi makanan yang di olah seperti di kukus atau di rebus tidak mengalami proses semacam iu sehingga sedikit mengandung senyawa akrilamida.

    lalu apakah kita tidak boleh sama sekali makan makanan yang di goreng? tentu tidak. kita tetap boleh mengkonsumsi makanan yang di goreng tetapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. hindari mengkonsumsi makanan yang di goreng dalam suhu yang sangat tinggi. kemudian gunakan minyak goreng yang mengandung lemak tak jenuh. minyak goreng yang menganduk lemak jenuh tinggi bisa saja meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. lalu hindari juga penggunaan minyak goreng yang di pake berulang-ulang hingga warna minyak goreng berubah menjadi hitam pekat.

    untuk lebih aman biasakan jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan yang di goreng. berolahraga teratur dan jaga keseimbangan gizi dalam makanan yang kita makan. semoga kita semua terhindar dari bahaya penyakit kanker yang menakutkan ini.
    0 Komentar untuk "Bahaya makan gorengan"

    silahkan berkomentar sesopan mungkin.

    Back To Top