Recent Post

    Yuk memeriksa payudara sendiri

    Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit yang paling di takuti kaum wanita. Di indonesia sendiri sudah sangat banyak wanita yang menderita kanker jenis ini. Pada dasarnya tanda-tanda kanker payudara bisa di deteksi sedini mungkin. itu apabila kaum wanita itu sendiri sadar akan bahaya kanker payudara. Kebanyakan kasus penderita penyakit kanker tidak tertolong adalah karena kurangnya kesadaran manusianya itu sendiri terhadap adanya perubahan-perubahan fisik yang terjadi. Jadi alangkah lebih baiknya jika kita ingin terhindar dari penyakit kanker yang di ketahui pada stadium lanjut, kita harus beusaha mengenal tanda atau ciri akan terjadinya kanker tersebut.

    Seperti halnya jenis kanker lain, kanker payudarapun sebenarnya bisa di deteksi sedini mungkin dengan menggunakan metode SADARI. metode SADARI ini dirasa cukup ampuh dan tak memerlukan biaya sama sekali. Tes SADARI atau tes payudara sendiri ini bisa anda lakukan di rumah. adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

    MELIHAT
    lepaskan penutup tubuh bagian atas sambil berdiri di depan cerimin dengan pencahayaan yang terang. kemudian perhatikan payudara anda.
    apakah terdapat kerutan?
    apakah puting susu membesar?
    apakah puting susu terlipat kedalam?
    apakah payudara anda simetris (sama besar)?
    apakah puting susu kemerahan/kehitaman?
    lihatlah secara teliti kemudian ulangi dengan posisi tangan lurus keatas, tangan ke belakang sambil dada sedikit di busungkan atau tangan di pinggang. cara ini bertujuan agar bisa mendeteksi adanya tumor di area dekat dengan kulit.

    MEMIJAT
    Dengan meggunakan kedua belah tangan, pijatlah payudara anda secara perlahan dari tepi payudara hingga ke puting. untuk mengetahui ada atau tidaknya cairan yang keluar dari payudara. jika dalam keadaan normal harus nya tidak terjadi keluar carian kecuali anda sedang menyusui.

    MERABA
    Berbaringlah di tempat tidur dengan menempatkan bantal di bawah punggung anda. ini bertujuan agar posisi dada anda membusung ke luar. Jika ingin memeriksa payudara sebelah kanan maka letakan tangan kanan di belakang kepala. gunakan tangan kiri untuk memerika payudara sebelah kanan. Kemudian guakan empat jari tangan yang di rapatkan, rabalah payudara anda dengan gerakan memutar dari mulai puting hingga ke tepi payudara. demikian sebaliknya. lakukan sedikit penekanan pada saat meraba supaya jika ada beljolan pada payudara anda bisa terdeteksi. jangan lupa oleskan minyak zaitun terlebih dahulu pada telapak tangan anda supaya gerakan meraba ini tidak mengalami kesulitan.

    MERABA KETIAK
    Raba lah di sekitar area ketiak anda, ini bertujuan untuk mengetahui adanya benjolan yang biasanya merupakan anak sebar dari kanker payudara.

    demikan langkah demi langkah melakukan tes sadari. lakukan tes ni rutin minimal 3 bulan sekali. Jika anda menemukan benjolan atau adanya berubahan yang idak biasa pada payuara anda, segera konsultasikan ke dokter. semoga kita semua terhindar dari segala macam penyakit.

    0 Komentar untuk "Yuk memeriksa payudara sendiri"

    silahkan berkomentar sesopan mungkin.

    Back To Top