Recent Post

    mengenal penyakit kanker

    Orang sering kali bungung dan bertanya apa sih sebenarnya penyakit kanker itu. Apa saja sih penyebab penyakit kanker itu. Nah. Untuk menambah wawasan kita mengenai apa itu kanker, marilah kita simak artikel di bawah ini.

    Kanker adalah nama lain yang sering digunakan untuk salah satu jenis penyakit di mana sel-sel abnormal melakukan pembelahan secara tidak  terkontrol serta dapat menyerang jaringan sel normal yang lain . Sel-sel kanker ini bisa menyebar pada bagian tubuh yang lain melalui aliran darah dan sistem limfe .

    Kanker tidak hanya merupakan  satu jenis penyakit saja melainkan banyak jenis penyakit. jenis kanker ada lebih dari 100 jenis. Kebanyakan penyakit kanker diberi nama berdasarkan organ tubuh atau jenis sel di mana mereka mulai tumbuh - contoh , kanker yang pertama kali dimulai di usus besar dinamakan kanker usus besar ; kanker yang pertama kali dimulai di melanosit kulit disebut melanoma atau kanker  kulit.

    Adapun Jenis kanker dapat dikelompokkan ke dalam berbagai macam kategori yang lebih luas . inilah beberapa Kategori utama kanker :


    Carcinoma : kategori kanker yang dimulai dari kulit atau jaringan tubuh yang melapisi atau menutupi organ bagian dalam/internal . Ada lebih dari satu subtipe dari kategori kanker itu sendiri, diantaranya, adenokarsinoma , karsinoma sel basal , karsinoma sel skuamosa , dan karsinoma sel transisional .

    Limfoma dan myeloma - kanker yang awal mulanya terjadi di  sel-sel sistem anti bodi tubuh .

    Sarcoma – kategori kanker yang dimulai dari tulang , diantaranya tulang rawan , lemak , otot , pembuluh darah , atau jaringan ikat serta bagian pendukung lainnya.

    Leukemia – kategori  kanker yang dimulai dari jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang sehingga  menyebabkan banyak sel darah abnormal diproduksi kemudian masuk ke dalam aliran darah.

     Central kanker sistem saraf - kanker yang awal mulanya terjadi di jaringan otak dan sumsum tulang belakang.

    Demikian sekilas tentang apa itu kanker. Semoga artikel ini bermanfaat buat pembaca sekalian kemudian jika artikel ini dirasa cukup baik dan layak di share, silahkan di share ke teman-teman anda.



    0 Komentar untuk "mengenal penyakit kanker"

    silahkan berkomentar sesopan mungkin.

    Back To Top